Oleh: karya192 | 16 Februari 2011

Cerita Bijak :3. ” ANAK-ANAK PETANI “

        Seorang petani sungguh mendapat karunia duniawi. Dia adalah pemilik beberapa kebun anggur yang sangat luas. Dia tidak mempunyai masalah apapun, kecuali karena ketiga anaknya sangat pemalas/tidak suka bekerja.

     Ketika ia sudah tua, petani itu menyadari bahwa pada suatu ketika ia akan meninggal dan kebun anggurnya akan diserahkan kepada ketiga anaknya. Namun itu tidak akan bertahan lama , kecuali jika anak-anaknya mau bekeja keras untuk memelihara pohon anggurnya itu.

      Pada suatu hari petani itu memanggil anak-anaknya untuk diberi pesan, demikian katanya : “sesudah aku nanti meninggal segala sesuatu yang aku miliki akan menjadi milikmu. Didalam kebun anggur itu kamu akan menemu-kan banyak harta yang sangat berharga, itupun juga akam menjadi milikmu. ”   Segera sesudah itu, petani itupun meninggal dunia. Setelah berbela sungkawa beberapa hari lamanya, ketiga anak petani itupun memikirkan untuk menemukan harta terpendam yang dikatakan ayahnya itu.  Mereka sepakat jika menemukan harta itu akan membaginya sama rata di antara mereka. Mereka berpikir bahwa harta terpendam itu pasti berupa emas atau perak atau barangkali batu-batuan permata yang sangat mahal harganya.  Mereka mulai bekerja mencangkuli tanah disekitar pohon2 anggur itu dengan semangat baja, tidak mengenal lelah.  Namun , betapapun rajinnya mereka menggali disekitar pohon-pohon anggur itu, tidak satupun harta ditemukannya. Karena merasa kecewa anak-anak itupun berhenti menggali.  Mereka sependapat bahwa ayah mereka pasti keliru.  Namun beberapa waktu kemudian  pohon-pohon anggur itu menjadi berbuah sangat lebat dan besar-besar.

       Akhirnya mereka menyadari bahwa panen yang mereka hasilkan dengan baik itu  adalah hasil dari kerja keras mereka menggali tanah untuk mencari harta itu.  Ketika mereka menjual hasil panen dan mendapat banyak uang, anak-anak itu memahami apa yang dimaksud oleh ayah mereka. Harta itu adalah hasil panen yang melimpah yang hanya bisa diperoleh dengan kerja keras.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: